Ribuan Hektar Pekarangan di Gunungkidul Belum Dimanfaatkan Maksimal

Radargunungkidul.com–Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu daerah yang memiliki lahan pekarangan luas, namun dalam pemanfaatannya masih kurang. Dikatakan Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Gunungkidul Fajar Ridwan SP. MSi., bahwa di Gunungkidul masih banyak lahan pekarangan khususnya di sekitar rumah yang belum dimanfaatkan secara maksimal.

“Luas pekarangan di Gunungkidul ada sekitar 25.000 hektar, dan yang sudah dioptimalkan ada sebanyak 2500 hektar,” kata Fajar saat bertemu tim Radargunungkidul pada Sabtu, 03/08/2019.

Secara spesifik Fajar mengatakan, memang belum ada Perbub yang mengatur tentang pemanfaatan lahan pekarangan, kendati demikian pihaknya terus berupaya mengajak serta menganjurkan masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangannya masing-masing.

“Dengan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan, akan mengurangi pengeluaran untuk bahan pangan yang kemudian bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga,” tandas Fajar.

Pernyataan yang sama diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul Bambang Wisnu Broto. Menurutnya, dalam keadaan seperti ini gerakan untuk menanam sayur sangat dianjurkan, mengingat kebutuhan pangan yang sangat dekat setiap harinya adalah sayur.

“Utamanya untuk sumber pangan seperti sayur dan sumber karbohidrat. Jika gerakan ini bisa berkembang nantinya bisa mencukupi kebutuhan disaat harga pasar mahal,” kata Bambang.

Perlu diketahui dalam mengajak serta mendukung program pemanfaatan pekarangan menjadi lahan pangan, Pemerintah sudah memberikan beberapa fasilitas kepada 130 Kelompok Wanita Tani (KWT) dari total 630 KWT yang ada di Gunungkidul.

“Sari tahun 2010 sampai 2019 kita fasilitasi 130 KWT dari 630 KWT yang ada dengan memberikan benih bibit sayuran, sekolah lapangan hingga pendampingan,” pungkas Fajar. (Agr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here