128 Orang jadi Korban, 9 MD, 1 Hilang

Tim SAR mengevakuasi korban lakalaut Pantai Selatan Gunungkidul belum lama ini (doc Tim SAR)

Radargunungkidul.com – Angka kecelakaan laut di pesisir pantai selatan Kabupaten Gunungkidul tahun 2018 masih tinggi. Dari bulan Januari hingga Desember tercatat ratusan kasus, dengan rata-rata korban wisatawan berjenis kelamin laki-laki.

Kordinator Sartlinmas Pantai Baron, Marjono menjelaskan, berdasarkan data dari bulan Januari hingga Desember jumlah kecelakaan laut mencapai 98 kasus. Rinnciannya, ada sekitar 128 korban, diantaranya meninggal dunia 9 orang (sebelumnya tertulis 2 orang), hilang satu orang, dan selamat 125 orang.

 “Selebihnya luka berat ataupun luka ringan,” kata Marjono Rabu 02/12/2019.

Disinggung mengenai kendala meminimalisir korban lakalaut, menurutnya ada pada jumlah personil. Saat ini pihaknya hanya mempunyai 57 personil dan kapal jungkung sebanyak 2 buah untuk keperluan evakuasi korban. Sementara pantai yang harus diawasi jumlahnya 30 titik, bahkan lebih.

“Anggota SAR sebanyak 57 masih kurang karena banyak pantai yang belum bisa terkover oleh kami, terutama pantai baru yang dibuka oleh masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Korwil I Gunungkidul Winarna mengatakan, di wilayahnya ada 10 kejadian lakalaut, dengan korban jiwa mencapai 7 orang, dan 1 orang dinyatakan hilang.

“Selain itu kami juga mengevakuasi satu jenasah yang berasal dari daerah lain,” kata Winarna. (hur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here