Jelang Pilkada, Hubungan Badingah-Immawan Makin Mesra

Doc Pilkada 2014 (Radar Jogja)

Radargunungkidul.com – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Gunungkidul 2020, hubungan Bupati Badingah dengan Wakil Bupati (Wabup) Immawan Wahyudi semakin lengket. Harmonisnya pasangan keduanya yang berhasil menang pada pilkada 2014 itu, karena dilihat kerap berdua dalam satu kegiatan.

Dalam satu wawancara usai kegiatan KPU Gunungkidul, Immawan Wahyudi ketika dikonformasi mengaku secara pribadi menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada partai terkait dengan pencalonan sebagai bupati.

“Saya hanya melaksanakan atas perintah dari sesepuh partai, juga teman DPW maupun DPD. Andaikata saya maju, itu betul-betul ketetapan yang diambil maksimal dan optimal. Jika saya pun tidak maju, sudah diambil sungguh-sungguh, cermat. Jika maju atau tidak maju saya kembali ke, Alhamdulillah,” kata Immawan.

Bagaimana jika partai tidak mencalonkan? dia mengaku hanya memiliki peluang sekitar satu persen untuk dapat maju melalui jalur independen.

“(Jalur independen) itu opsi kecil. Ada satu persen yang memaksa saya (ke jalur independen) dan itu rasional dan manfaat. Politik tidak pernah ada yang seratus persen,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD PAN Gunungkidul, Anwarudin mengaku tidak main-main mendorong Immawan untuk duduk di kursi GK 1. Bahkan internal partai telah merancang nama-nama calon wakil bupati.

“Nanti akan disodorkan kepada DPW lalu pada bulan September disetorkan ke DPP,” kata Anwarudin.

Hanya diakui, pada pemilu lalu perolehan kursi PAN menurun dan tidak memenuhi syarat untuk mengajukan calon. Itu artinya, PAN membuka keran komunikasi dengan partai lain. Menurutnya, PAN Gunungkidul memiliki track recordyang cukup baik dalam pilkada walaupun harus dengan koalisi.

“Waktu itu BAIM (Badingah bersama Immawan) akhirnya menang,” ujarnya.

Bagaimana hubungan Immawan dengan Badingah menjelang pilkada? Kata Anwarudin tidak ada perubahan. Keduanya nampak akur. Dalam berkomunikasi, baik personal maupum kepemerintahan. “Biasa saja,” ucapnya.

Demikian juga disampaikan partai koalisi yang dulu juga mendukung BAIM. Sekretaris DPD Golkar Gunungkidul Heri Nugroho menyampaikan, hubungan antara Bupati Badingah dengan Immawan Wahyudi terlihat harmonis menjelang akhir periode 2021. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here