Bangun Pos Pengintai, TNI Manfaatkan Bangunan Bekas

Radargunungkidul.com – Guna meningkatkan maksimalnya simtem penginderaan serta pengawasan TNI terhadap ancaman laut, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta-Lantamal V akan mengembangkan pos – pos pengawasan di wilayah pantai Kabupaten Gunungkidul kususnya di wilayah pesisir pantai.

“Minimnya Posmat TNI AL di wilayah pantai Gunungkidul menyebabkan sistem penginderaan dan pengawasan kurang maksimal,” kata Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro saat menggelar audiensi dengan Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, S.Sos. Jumat (12/07)

Danlanal juga mengatakan, luasnya wilayah kerja Lanal Yogyakarta dengan garis pantai yang panjang, membuat TNI harus menambah pos pengawasan, salah satunya dengan memanfaatkan bangunan bekas Unit Pelaksana Teknis (UPT) dinas Transmigrasi Gunungkidul sebagai Pos Pengamat (Posmat) TNI AL di pantai Gesing yang saat ini sudah terawaki oleh personel Lanal Yogyakarta.

“Dipilihnya Pantai Gesing karena daerahnya terpencil sehingga rawan digunakan kegiatan ilegal, khususnya ilegal imigran ke dan menuju wilayah perairan Australia,” tandas Danlanal.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Hj Badingah S.Sos. Mengatakan, dalam mengembangkan sektor pariwisata dan potensi lait pihaknya juga memerlukan dukungan dari TNI AL Lanal Yogyakarta guna memberikan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan pengunjung.

“Mudah-mudahan dengan silaturahmi ini tentunya akan memiliki manfaat dan akan kita tindaklanjuti dengan baik dan akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait pengadaan fasilitas labuh dermaga karena hal tersebut menjadi kewenangan pemerintah pusat”, kata Badingah.

Turut hadir dalam audiensi tersebut beberapa Perwira staf antara lain Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar) Mayor Laut (P) Wahono, Kepala Satuan Fasilitas Pangkalan (Kasatfaslan) Kapten Mar Susanto dan Komandan Pos TNI AL (Danposal) Sadeng Peltu Sba Teguh Santoso.

Serta pereakilan dari Pemkab Gunungkidul Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Drs. Sudodo, M. M, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan drh. Krisna Berlian dan Kepala Administrasi Pembangunan Hermawan Yustiyanto. (Agr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here