IKM Terbantu Stand Gratis Gunungkidul Expo 2019 , tapi….

Radargunungkidul.com – Sejak lima hari lalu Pemkab Gunungkidul menggelar event Gunungkidul Expo 2019 di Gedung Olahraga (GOR) Siyonoharjo, Playen. Oleh panitia, pelaku Indukstri Kecil Menengah (IKM) diberikan stand gratis untuk jualan.

“Sasaran dari kegiatan ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada pelaku IKM untuk mempromosikan produknya,” kata Kabid perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul Ir. Yuniarti Ekoningsih.

Dikatakan, dalam event ini sedikitnya 120 pelaku industri kecil dan menengah dari berbagai kecamatan, diberikan kesempatan untuk memamerkan dan menjual produk. Disediakan stand gratis, diharapkan mampu mendongkrak pendapatan.

“Gunungkidul Expo 2019 digelar sejak 12 Juni sampai 16 Juni 2019 (hari ini). Target kami dalam sehari ada 500 pengunjung, baik pengunjung lokal maupun luar daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi mengatakan bahwa salah satu sektor yang terus didorong pemerintah yakni industri dan kerajinan. Adanya kegiatan itu diharapkan mampu mengembangkan kreatifitas dan potensi lokal.

Saat berkeliling stand, Imawan sempat membeli hasil karya dari salah satu stand batik. menurut Imawan dengan membeli hasil karya mereka bisa menambah semangat mereka dalam mempromosikan hasil karyanya.

“Tadi saya dibelikan batik, ya kalo banyak yang beli kan mereka tambah cemungut,” kata Imawan.

Dibagian lain seorang pelaku IKM, Chris mengaku terbantu dengan program stand gratis dalam event Gunungkidul Ezpo 2019. Prodak batik tulis jadi andalan. Dia berharap dagangannya laris manis sehingga untung.

“Atau paling tidak kami ikut promosi di sini. Lumayan ramai pengunjungnya,” kata Chris.

Hanya saja dia berharap ke depan panitia mempertimbangkan lokasi event, karena GOR Siyonoharjo dinilai kurang tepat.  Lain cerita jika berlangsung di arena terbuka seperti Alun-alun Wonosari, sehingga pengguna jalan bisa melihat dari jauh.

“Kalau di sini (GOR Siyonoharjo), kalau mau datang ya ngelengke (sengaja datang),” ucapnya. (agr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here